Minggu, 27 Oktober 2013

Stand UKM Musik Tidak Hanya Sekedar Bermusik



Utsawa Bali Sani (UBS) merupakan pagelaran yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya di Universitas Hindu Indonesia (UNHI). Acara ini digelar dalam rangkaian upacara piodalan Pura Maha Widya Mandira UNHI, Dies Natalis & Wisuda yang berlangsung selama bulan Oktober tahun 2013 ini.

Pada pagelaran Utsawa Bali Sani (UBS) yang ke-4 ini, diadakan berbagai perlombaan dan acara pertunjukan kesenian seperti lomba Bapang Barong, lomba Kendang Tunggal, lomba Geguntangan, Gong Suling Gita Semara, dan lain sebagainya. Selain itu, masing-masing fakultas maupun program studi (prodi) serta berbagai organisasi di kampus seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) juga ikut memeriahkan UBS tahun ini. Mereka berlomba-lomba menunjukan ide-ide kreatif mereka dengan membuka pameran dan beraneka macam stand yang menarik.

Salah satunya yang cukup menarik perhatian adalah UKM Musik UNHI, UKM ini membuka stand yang bertempat di depan gedung rektorat kampus UNHI. Di sana mereka menyediakan makanan,  minuman dan juga live music yang disuguhkan oleh para musisi-musisi muda berbakat yang tergabung di dalam UKM ini.

I Wayan Yogantara selaku ketua UKM Musik menyatakan di UBS tahun ini UKM Musik mengangkat tema “Hanya UKM Yang Mampu Menuangkan Kreatifitas Mahasiswa”. Di sini UKM Musik  ingin menunjukan bahwa di dalam UBS ini mereka mampu menuangkan kreatifitas mahasiswa. “Kami ingin menunjukan ke Rektorat dan UKM yang lain bahwa kami mampu menampung dan menuangkan kreatifitas mahasiswa dalam hal yang positif, contohnya ya musik itu sendiri,” ungkapnya.

Mahasiswa semester 3 FPAS ini juga menambahkan bahwa UKM musik tidak bekerja sendiri, mereka juga bekerjasama dengan prodi Seni Rupa dalam hal dekorasi panggung, prodi Planologi dan kantin Bu Dayu dalam hal penyediaan makanan dan minuman. “Kami sengaja melakukan kerjasama ini agar mampu mempererat tali persaudaraan dengan yang lain, toh tidak ada aturan yang melarang kerjasama ini, malah kerjasama ini menghasilkan hal yang positif dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak” tambahnya lagi.

Sementara itu Ida Bagus Adi Triata Dharma selaku ketua panitia acara UKM musik juga menambahkan bahwa UKM musik bukan semata-mata mencari keuntungan di kegiatan ini. “Kami tidak ingin bersaing untuk mencari keuntungan, alangkah baiknya kalau kita bisa bekerja sama dan saling melengkapi dalam memeriahkan acara UBS ini. Banyak keuntungan yang kita dapatkan dari kerja sama ini, keuntungan yang saya maksud bukan hanya dalam hal materi tapi disini kita mendapatkan pembelajaran bagaimana cara untuk menjalin kerja sama yang baik dengan organisasi lain dalam hal menggali potensi diri dan memeriahkan acara UBS ini” ungkapnya.

       Seperti inilah kegiatan UKM musik pada UBS tahun ini, walaupun mereka bergerak dibidang seni musik, mereka tidak hanya menyuguhkan musik tapi mereka mampu melihat peluang dan bekerjasama dengan element kampus yang lain demi memeriahkan acara UBS ini dan memuaskan para pengunjung yang datang ke stand UKM musik. Hal ini juga patut dicontoh oleh UKM dan organisasi kemahasiswaan yang lainnya.(iap)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting