Minggu, 09 Juni 2013

Komisi PEMIRA Gelar Debat Kandidat Calon Ketua BEM UNHI 2013/2014



Komisi Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) UNHI 2013 pada jumat sore (7/6/2013) menyelenggarakan acara Debat Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hindu Indonesia (BEM UNHI) Denpasar periode 2013/2014. Acara debat ini dilaksanakan serangkaian dengan kegiatan Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) UNHI 2013 dan mengambil tempat di depan lobi rektorat kampus UNHI. Hadir sebagai panelis dalam debat ini adalah Drs. IB Made Mertha, M.Pd selaku Wakil Rektor (WR) III bidang kemahasiswaan, I Kadek Suparwata, SE (ketua BEM UNHI 2010/2011) dan IB Kesuma Yuda (ketua BEM UNHI 2012/2013). Selain itu juga hadir perwakilan masing-masing senat mahasiswa dari masing-masing fakultas, tim sukses kedua kandidat dan mahasiswa UNHI lainnya.

Acara debat dimulai pukul 19.00 wita dengan pembukaan oleh MC, kemudian dilanjutkan oleh moderator memperkenalkan kedua kandidat, penyampaian visi dan misi dari masing-masing kandidat, tanya jawab antara panelis-kandidat, debat visi dan misi juga Tanya jawab antara hadirin mahaasiswa-kandidat. Made Dody Septyadi selaku ketua Komisi Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) menjelaskan “melalui Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) diharapkan agar mahasiswa menjunjung tinggi nilai sportifitas, pihaknya juga mengajak mahasiswa agar mendukung berjalannya acara debat kandidat dan bisa berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang ada di kampus khususnya menggunakan hak pilih pada proses pemilu raya mahasiswa (PEMIRA) yang akan dilaksanakan 11 juni 2013 ini” ungkapnya. 

Dalam debat yang berlangsung sederhana tersebut, moderator mempersilahkan kedua pasangan kandidat untuk menyampaikan visi dan misinya, kedua pasangan kandidat tersebut yaitu nomor urut 1 Astiko widiatma (Fakultas Pendidikan Agama dan Seni) dan I Wayan Diarta (Fakultas Ekonomi) dan pasangan kandidat nomor urut 2 Ni Putu Era Sukmayanti (Fakultas Ekonomi dan I Gusti Ngurah Made Wira Dharma Putra (Fakultas Pendidikan Agama dan Seni) secara bergantian dengan penuh semangat. Tahap kedua, Moderator membuka sesi tanya jawab antara penelis dan kandidat. Kedua kandidat menjawab dengan singkat, padat dan jelas semua pertanyaan dari panelis.

Pada sesi ketiga yakni debat visi dan misi antara kedua kandidat suasana cukup “panas” terjadi, pada sesi ini kedua kandidat dengan penuh semangat “menyerang” visi dan misi kandidat lawannya. Mahasiswa yang turut hadir mengambil tempat didepan lobi rektorat menyaksikan prosesi debat kandidat juga tak mau ketinggalan melontarkan berbagai pertanyaan kepada kedua kandidat. Sebagian mahasiswa yang juga berasal dari berbagai organisasi mahasiswa di UNHI menyampaikan beberapa pesan agar ketika terpilih nanti tidak lupa akan janji-janjinya. Selain itu siapapun yang terpilih nanti agar lebih membangun komunikaasi, koordinasi dan kolektifitas dengan organisasi lainnya seperti Senat Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) juga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), sehingga kedepannya bisa mendorong kemajuan kampus kuning UNHI Denpasar.

Mia Kusuma Dewi, Wakil Ketua Komisi Pemilu Raya Mahasiswa (PEMIRA) UNHI 2013 menyampaikan melalui Debat kandidat ini diharapkan bisa menjadi wahana untuk memperkenalkan calon kandidat ketua dan wakil ketua BEM UNHI 2013/2014 kepada seluruh mahasiswa sehingga mahasiswa bisa mengetahui profil, latar belakang dan sejauhmana kemampuan calon kandidat yang akan memimpin dan menjadi wakil aspirasi mahasiswa selama satu tahun kedepan. (Gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting