Minggu, 08 Desember 2013

Jegeg Bagus UNHI “Terlantar”

 
          UNHI – Kompetisi pemilihan duta tampaknya sudah marak terjadi di berbagai sektor. Jika kita mengenal ajang bergengsi seperti Pemilihan Putri Indonesia, ajang serupa juga sudah merambah ke beberapa sektor seperti pariwisata, bisnis dan pendidikan. Dalam dunia kampus, tampaknya acara serupa menjadi salah satu agenda penting yang dilaksanakan. Hal ini terjadi juga di Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar yang mengadakan pemilihan Jegeg Bagus UNHI 2013 belum lama ini.

            Pada perhelatan tersebut, pasangan duta Fakultas Ekonomi (FE) Ni Kadek Desy Natalia dan I Wayan Eka Dharma Putra dinobatkan sebagai Jegeg dan Bagus UNHI 2013 pada malam final “Pemilihan Jegeg Bagus UNHI 2013” di aula kampus setempat, Senin (14/10) malam. Layaknya duta-duta lainnya, icon yang terpilih akan melakukan tugas utama yaitu promosi. Selain itu, kegiatan ini mendukung peran kampus mewujudkan citra layanan pendidikan tinggi Indonesia sebagai sistem yang mampu menghasilkan insan bermartabat, berbudaya dan berkepribadian sehingga menjadi pendorong dalam peningkatan mutu pendidikan dan kebudayaan di Indonesia guna mendorong generasi muda Indonesia untuk terus berprestasi.


            Namun sejak terpilihnya pasangan ini sebagai Jegeg Bagus UNHI 2013, menurut Ni Kadek Desy Natalia belum ada program kerja untuk mereka kecuali diwajibkan mengikuti kegiatan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) yang dilaksanakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unhi pada tanggal 29 November – 1 Desember 2013 di Ashram Gandhi Puri Klungkung. “Kami rencananya ada program kerja  yaitu mengunjungi panti asuhan dan memberikan sumbangan kepada anak-anak kurang mampu namun jika disetujui dan akan kami coba koordinasikan lagi dengan kak Era (Ketua BEM UNHI),” tambah I Wayan Eka Dharma Putra.

            Perhelatan Jegeg Bagus UNHI 2013 ini tentunya jangan sampai menjadi ajang formalitas semata. Maka haruslah ada program kerja yang jelas untuk 1 tahun ke depan sejak mereka terpilih agar jangan sampai muncul opini bahwa Jegeg Bagus UNHI “terlantar” dikarenakan tidak memiliki program kerja. “Harapan saya, kami mampu mempromosikan kampus keluar wilayah Denpasar karena kampus UNHI belum terkenal di Kabupaten lain. Dari pihak BEM juga saya harap menyiapkan program kerja agar kami tidak menganggur,” papar pria semester 3 program studi akuntansi ini. 

            “Di samping itu, kami juga ingin menunjukkan bahwa mahasiswa yang kuliah sore tidak menutup kemungkinan untuk mengikuti kegiatan kampus, agar tidak disebut sebagai mahasiswa yang hanya kuliah pulang kuliah pulang (kupu-kupu) walaupun dengan kesibukan kami bekerja di pagi hari,” ungkap wanita yang pernah menjadi Finalis Lomba Olimpiade Akuntansi di Universitas Negeri Malang tahun 2011. 

“Harapan kami juga pemilihan Jegeg Bagus ini diadakan di luar Kegiatan Utsawa Bali Sani (UBS) agar lebih terlihat sebagai hari spesial pemilihan Jegeg Bagus dan pastinya akan menarik antusias mahasiswa agar lebih banyak yang menonton. Jika digabung dengan UBS maka pemilihan Jegeg Bagus tidak terlalu terlihat serta untuk hadiah agar diinformasikan terlebih dahulu guna memotivasi dan memperbanyak jumlah peserta, ” ungkap pasangan duta kampus UNHI ini senada.

Ketika dikonfirmasi dengan BEM UNHI sebagai panitia penyelenggara perhelatan Jegeg Bagus Unhi 2013, Ni Putu Era Sukmayanti selaku Ketua BEM UNHI menyatakan akan mempersiapkan program kerja nanti.“Diawal tahun 2014 kita akan memberikan mereka program kerja, bukan kita yang memberikan, tapi mereka juga mengajukan program kerja mereka agar tidak dibilang BEM yang memerintahkan mereka untuk melakukan program kerja ini, “ ungkap Ketua Bem UNHI ini menegaskan. 

Perihal harapan Pasangan Jegeg Bagus Unhi agar kegiatan ini diadakan di luar Utsawa Bali Sani , Ni Putu Era Sukmayanti juga menyatakan salah satu juri pada saat kegiatan Jegeg Bagus UNHI yaitu Bapak Ida Bagus Purwa Sidemen, S.Ag juga menyarankan untuk tahun depan agar Jegeg Bagus UNHI diadakan diluar kegiatan Utsawa Bali Sani. Ia juga mengharapkan agar tahun depan kegiatan ini lebih bagus dari tahun sekarang.


            Banyak cara untuk memperkenalkan kampus, salah satunya melalui pemilihan Jegeg Bagus yang dilakukan oleh UNHI. Sebagai duta kampus, hendaknya disiapkan program kerja seperti mengenalkan kepada mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus, mekanisme layanan, penggunaan sarana yang tersedia serta organisasi kemahasiswaan yang ada. Tidak lupa juga sebagai duta kampus, sebaiknya dilibatkan menjadi penerima tamu saat ada kunjungan dari pihak luar. 

Untuk progam kerja luar kampus bisa melakukan promosi UNHI ke masyarakat melalui event-event universitas, pameran pendidikan, roadshow ke sekolah-sekolah baik di Denpasar maupun di luar Kotamadya Denpasar. Maka dari itu mari kita tunggu bersama program kerja apa yang disiapkan  untuk Jegeg Bagus UNHI 2013 agar mereka mampu memberikan kontribusi yang bermaanfaat bagi kampus selama 1 tahun ke depan. Untuk selanjutnya kita semua berharap agar ajang ini menjadi perhelatan tahunan berkualitas serta melahirkan Jegeg Bagus UNHI yang diharapkan mampu menjadi cerminan bagi mahasiswa lainnya dan jangan sampai hanya menjadi ajang formalitas ataupun ceremonial belaka.(nd/gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting