Senin, 16 Juli 2012

OSPEK di UNHI Segera Dimulai

“Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK merupakan momentum bersejarah bagi setiap siswa yang memasuki pintu gerbang perguruan tinggi. OSPEK berfungsi untuk membimbing dan memperkenalkan mahasiswa baru dari situasi pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas ke Tingkat Perguruan Tinggi.”




Penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai itu artinya genderang Orientasi Studi Pengenalan Kampus (OSPEK) sebentar lagi akan ditabuh. OSPEK sudah mulai dipersiapkan baik dari tingkat Universitas, Fakultas, Jurusan,  dan Program Studi. OSPEK adalah kegiatan yang lazim dilakukan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan tak ketinggalan juga di Bali dalam rangka penyambutan mahasiswa baru. 

Berbagai rambu berbentuk peraturan dan petunjuk teknis pelaksanaan OSPEK telah dikeluarkan baik oleh Rektor selaku pimpinan universitas, dekan selaku pimpinan fakultas, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas atau juga BEM masing-masing fakultas . Tinggal sekarang adalah bagaimana mengimplementasikannya di lapangan. Disini diperlukan kesadaran bersama antara panitia pelaksana, peserta OSPEK,  dosen pembimbing dan pejabat yang terkait dalam melakukan kegiatannya sesuai dengan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawabmasing-masing.

OSPEK perlu dilaksanakan, sesuai dengan namannya Orientasi Studi Pengenalan kampus  berfungsi untuk membimbing mahasiswa baru dari situasi pendidikan di tingkat Sekolah Menengah Atas ke Tingkat Perguruan Tinggi. Sehubungan dengan itu, materi yang diberikan di setiap tingkatan pasti berbeda. Di tingkat universitas mahasiswa baru diperkenalkan dengan sejarah berdirinya universitras, dasar perjuangan, visi, misi, tujuan, peran universitas dan berbagai organisasi kemahasiswaan tingkat universitas, berbagai unit kegiatan mahasiswa (UKM) tingkat universitas. Di tingkat fakultas memperoleh materi visi, misi, tujuan , peran fakultas, berbagai prosedur kegiatan bidang akademik, keuangan, kemahasiswaan, dan organisasi kemahasiswaan tingkat fakultas. Di tingkat jurusan/program studi memperoleh materi visi, misi, tujuan, peran jurusan/program studi, prosedur kegiatan akademik dengan memperkenalkan kurikulum sampai melakukan perwalian akademik, dan kegiatan kemahasiswaan tingkat jurusan/program studi.

Mengingat fungsi OSPEK begitu penting yakni mengenalkan mahasiswa baru dari dunia sekolah ke dunia kampus, maka OSPEK yang berbentuk "perploncoan" wajib ditinggalkan. OSPEK yang dilaksanakan di Tahun ini harus berbeda dengan pelaksanaan OSPEK sebelumnya. OSPEK seharusnya bisa menumbuhkan sikap disiplin, saling menghargai nilai-nilai & martabat  kemanusiaan, misalnya senior silahkan memberitahukan apa yang seharusnya dilaksanakan oleh mahasiswa baru secara baik-baik bukan dengan bentakan-bentakan dan sebutan-sebutan yang merendahkan derajat manusia, mahasiswa baru juga silahkan diberikan tugas-tugas yang jelas tugas tersebut masih dalam koridor atau batas-batas wajar.

Merupakan  sikap pengecut yang tidak berdasar jika ada mahasiswa senior menanamkan sikap kewibawaan kepada mahasiswa baru dengan membentak-bentak atau memberi tugas yang melecehkan derajat kemanusiaan. Biasanya tindakan itu dilakukan oleh mahasiswa senior yang frustrasi entah karena gagal di bidang kademik dengan Indeks Prestasi (IP) yang rendah, masalah dengan pacar, atau masalah lainnya. Mahasiswa senior tersebut mencoba menutup kekurangan dirinya dengan "over acting" agar mendapat pengakuan dari mahasiswa di sekitarnya. 

Tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa) telah memberi teladan kepada kita bagaimana menumbuhkan kedisiplinan dan kewibawaan yaitu dengan berpikir, berkata, dan berbuat yang baik (Tri Kaya Parisudha) dalam kehidupan sehari-hari. Sikap hormat mahasiswa baru kepada mahasiswa senior akan tumbuh jika mahasiswa senior pun menghormati mereka. Ketika mahasiswa senior membentak-bentak dan memberi tugas yang melecehkan derajat manusia dampak yang timbul dari mahasiswa baru bukan rasa hormat namun rasa dendam, benci bukan sikap kritis namun apatis, bukan pula sikap demokratis melainkan egoistis.

Mahasiswa baru harus kita berikan informasi dan arahan berupa pengenalan-pengenalan dunia kampus yang dilandasi nilai-nilai Agama dengan tuntunan sikap atau pikiran, perkataan, dan perbuatan dari para mahasiswa senior yang mampu menjadi teladan, jika hal ini bisa terwujud dengan baik sudah pasti ketika hari pertama  mahasiswa baru mengikuti kuliah di dalam benaknya sudah siap tertanam rasa tanggung jawab didalam dirinya. Tanggung jawab terhadap tuntutan keluarga juga masyarakat sekitarnya bahwa Aku datang ke UNHI dengan satu tujuan BELAJAR!, baik bidang akademik maupun non akademik. 

Dengan mengikuti kuliah yang rajin, mengikuti kegiatan dunia kemahasiswaan seperti organisasi kemahasiswaan dengan baik, Astungkara harapan orang tua dan keluarga  bahwa anaknya dikuliahkan agar mampu mengubah status sosial ke arah yang lebih baik dikelak kemudian hari akan terwujud. Selamat datang seluruh mahasuiswa baru dikampus kuning UNHI tercinta, semoga UNHI dapat menjadi wahana bagi kita semua dalam meraih cita-cita. Amertham Tu Widya.... Jaya... (Gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting