Jumat, 27 Juli 2012

Pelantikan Pengurus BEM Universitas Hindu Indonesia Periode 2012-2013

Acara pelantikan BEM periode 2012-2013 yang diadakan pada Sabtu, 7 Juli 2012 bertempat di Aula Ekonomi yang dihadiri oleh beberapa tamu undangan yakni, Bapak WR III Drs. I Wayan Winaja, M.si selaku Pembina BEM UNHI, Wakil Direktur Pasca Sarjana Drs. I Wayan Surtha, MM, Bapak Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan, Bapak/Ibu Dekan masing-masing Fakultas di lingkungan UNHI, Ketua Senat masing-masing Fakultas di lingkungan UNHI,  3 orang perwakilan masing-masing kelas di lingkungan UNHI serta undangan Aliansi BEM se-Bali yang dihadiri oleh BEM Universitas Maha Saraswati dan BEM Universitas Udayana.

 Sehubungan dengan berakhirnya SK BEM periode 2011-2012, maka BEM kepengurusan periode tersebut membuat suatu kegiatan yang rutin diselenggarakan ditiap akhir periode/masa jabatan Ketua BEM yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diselenggarakan untuk memilih calon ketua BEM baru yang akan memimpin BEM selanjutnya. Tanggal 7 Juli 2012 kemarin acara pelantikan Pengurus BEM UNHI di mulai pukul 09.00 diawali dengan tari Sekar Jagat yang ditarikan oleh mahasiswa Fakultas Pendidikan Agama dan Seni, dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia KPU yaitu Ida Bagus Hery Darmawan. Acara kemudian dilanjutkan dengan laporan pertanggung jawaban oleh Ketua BEM periode 2011-2012 Ida Bagus Alit Brahmarta Kusuma, dalam laporannya Ketua BEM mengatakan bahwa dalam masa kepengurusannya BEM periode 2011-2012 lebih banyak mengadakan kegiatan di ekstern kampus sehingga BEM UNHI masuk dalam anggota Aliansi BEM se-Bali yang dinobatkan sebagai komisi Penyikapan Isu, yang berperan untuk menyikapi isu-isu yang ada di Bali.

Pastilah sebuah kebanggaan tersendiri bagi ketua BEM yang terpilih, telah diberikan kepercayaan untuk melanjutkan kepengurusan BEM selanjutnya. “Saya ingin mensinergiskan organisasi intern kampus agar terjalin tali persaudaraan antara BEM dengan organisasi lainnya dilingkungan kampus . Dan saya berharap dalam kepemimpinan saya satu tahun kedepan mampu membawa nama baik BEM ataupun Kampus UNHI serta bisa meningkatkan prestasi dan eksistensi BEM yang mulai tenggelam saat ini.” Ungkap Ida Bagus Kesuma Yuda ketua BEM terpilih.

Selanjutnya pembacaan Surat Keputusan tentang struktur kepengurusan BEM periode 2012-2013 serta Surat Keputusan tentang struktur kepengurusan UKM yang dibacakan oleh Bapak kepala Biro Akademik Kemahasiswaan yaitu Drs. I Wayan Sumarya, MM dan diresmikan oleh Bapak WR III sekaligus Pembina BEM Drs. I Wayan Winaja, M.si dalam pidatonya Bapak Winaja menghimbau agar BEM bisa dijadikan sebagai arena kritik sosial yang positif dan sebagai arena kecerdasan diri. BEM diwajibkan untuk menata UKM agar semua UKM yang ada di lingkungan UNHI bisa aktif acara dan diharapkan agar Ketua BEM periode 2012-2013 bisa merealisasikan visi dan misi dalam kepengurusannya. Pelantikan BEM dan UKM UNHI ditutup dengan acara hiburan yang diisi oleh Ida Bagus Adi Triyata Dharma dari UKM Musik.

Mahasiswa di lingkungan UNHI yang sadar akan berorganisasi sangat minim, terlihat dari pendaftaran calon ketua BEM yang berjumlah hanya 1 orang. Sehingga calon Ketua BEM terpilih secara aklamasi. “Ini merupakan catatan yang penting bagi Rektorat dan jajarannya seperti fakultas untuk mendukung sepenuhnya agar organisasi itu bisa berkembang. Bukan tidak ada dukungan melainkan kurangnya dukungan dari pihak terkait, mungkin ini yang perlu diperbaiki.” Ungkap Gus Heri saat diwawancarai.

Dalam perjalanannya suatu organisasi tidak pernah lepas dari masalah terutama bagi mahasiswa yang tergabung dalam organisasi hanya untuk mencari ajang popularitas. Hal ini menyebabkan terbentuknya kelompok dalam kelompok karena kurangnya rasa memiliki antar anggota sehingga mereka tidak bisa bekerja dalam tim. Seperti yang diutarakan oleh Ida Bagus Alit Brahmarta Kusuma sebagai mantan Ketua BEM periode sebelumnya. Dalam kepemimpinannya, dia cenderung mengarahkan anggotanya untuk lebih aktif mengikuti seminar diluar kampus dibandingkan membuat kegiatan dikampus dikarenakan jumlah anggota BEM yang aktif sangat sedikit. “Saya berharap agar BEM periode sekarang bisa lebih baik dari kepemimpinan sebelumnya, jangan meng-eksekutifkan diri walaupun kita tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa serta jangan menggunakan BEM sebagai ajang mencari popularitas,” pesan Gus Onix sapaan akrab mantan Ketua BEM periode sebelumnya kepada kepengurusan BEM yang baru. (W/D)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting