Senin, 31 Desember 2012

Kolaborasi Seni antara UNHI Denpasar dan ISI Jogjakarta.

Fakultas Pendidikan Agama dan Seni (FPAS) Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar bekerjasama dengan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta melakukan Kolaborasi Seni di lapangan kampus UNHI, tepatnya di pelataran depan Pura Mahawidya Mandira pada hari sabtu, 29 desember 2012. Kegiatan ini merupakan kunjungan balasan dari ISI Jogjakarta, setelah sebelumnya pada maret 2012 UNHI Denpasar berkunjung ke Jogjakarta. Selain itu, ini merupakan bentuk kerjasama antara UNHI Denpasar dan ISI Jogjakarta sesuai dengan nota kesepahaman yang sudah ditandatangani antara kedua kampus sebelumnya.  

Kegiatan Kolaborasi Seni ini dihadiri oleh Dirjen Bimas Hindu Kementrian Agama RI yang juga merupakan mantan Rektor UNHI Denpasar Prof. Dr. IB Yudha Triguna, M.Si, Wakil Rektor I (WR I) UNHI Dr. I Wayan Winaja, M.Si, Wakil Rektor II (WR II) UNHI Dr. A.A Sadhiarta, M.Si, Dekan FPAS Dr. Ni Putu Suwardani, M.Pd dan juga beberapa Dekan dan Wakil Dekan dari perwakilan masing-masing fakultas. Selain dihadiri oleh pejabat rektorat, dekanat, dosen dan pegawai, para mahasiswa tidak ketinggalan turut hadir menyaksikan pementasan Kolaborasi Seni ini.

“Melalui kegiatan ini diharapkan hubungan kerjasama yang terjalin antara UNHI Denpasar dan ISI Jogjakarta akan semakin erat. Kedepannya diharapkan hubungan kerjasama yang dilakukan bukan hanya dalam bentuk kolaborasi seni  di bidang pergelaran atau pertunjukan saja, melainkan juga dari segi pendidikan misalnya dalam hal pertukaran mahasiswa, begitu juga ketika ada mahasiswa atau dosen yang ingin melanjutkan studinya baik dari UNHI ke ISI Jogja atau sebaliknya agar bisa dibantu” ujar Dr. I Wayan Winaja, M.Si dalam sambutannya mewakili Rektor UNHI.

Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Jogjakarta Prof. Dr. I Wayan Dana, S.ST, M.Hum menyebutkan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini selain untuk menjalin hubungan kerjasama antara ISI Jogjakarta dengan UNHI Denpasar juga yang terpenting adalah sebagai pelestarian seni dan budaya Indonesia.

Beliau menambahkan bahwa dalam memersiapkan kolaborasi ini ISI Jogja  sudah melakukan latihan sejak bulan September lau, pada kesempatan ini ISI Jogja melibatkan sekitar 80 peserta dan membawakan dua karya seni tari. Yang pertama adalah tari Bawung Jaya Wisesa yang merupakan perpaduan tari baris Bali dengan tari Lawung Jogjakarta dengan menggambarkan ketaatan dan kesigapan prajurit. “Selain itu kami juga membawakan fragmen yang menceritakan percintaan dan pertemuan seorang raja dari Bali Dwipa yakni Raja Udayana dengan Putri Mahendradatta dari Jawa Timur” ungkapnya.

Sementara itu  mahasiswa FPAS UNHI sendiri melibatkan sekitar 50 peserta yang ambil bagian pada pergelaran kali ini, dan membawakan Tari Gabor dan Barong. Tari Gabor merupakan tarian yang sejenis dengan tarian Sekar Jagat yang memiliki arti sebagai ucapan selamat datang. Sementara itu tari barong merupakan Tarian yang berasal dari kebudayaan Pra-Hindu ini menggambarkan pertarungan antara kebajikan dan kebatilan. Dalam Tari Barong kebajikan direpresentasikan pada lakon Barong, yakni dua orang penari dengan kostum binatang berkaki empat. Sementara kebatilan dimainkan oleh Rangda, sosok menyeramkan dengan taring di mulutnya. Keduanya bertarung sambil menari mengikuti alunan musik tradisional Bali. Dibalik keunikan dan keindahannya tari barong juga memiliki makna dan nilai luhur yang mendalam. Pesan bahwa kebaikan akan selalu menang melawan kejahatan tercermin jelas melalui kemenangan Barong melawan Rangda.


Bergantian UNHI Denpasar dan ISI Jogja memnampilkan penampilan terbaiknya,diawali dengan tari Gabor , tari Bawung Jaya Wisesa, kemudian dilanjutkan dengan tari Barong hingga akhirnya fragmen tari garapan ISI Jogja menjadi penampilan yang terakhir. Sebuah pergelaran yang sangat menarik, kolaborasi antara budaya jawa-Bali Kuno. Semua peserta, baik dari ISI Jogja  maupun UNHI Denpasar berkumpul menjadi satu melakukan foto bersama yang menandai berakhirnya kebersamaan di malam itu.(Gun)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting