Minggu, 17 November 2013

Himpunan Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (HMPWK) Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) SMA/SMK dan Esai SMP se-Bali

Pada tanggal 16 November 2013 untuk ke-3 kalinya HMPWK UNHI mengadakan LKTI tingkat SMA/SMK dan Lomba Esai tingkat SMP se-Bali yang diselenggarakan di Auditorium Rektorat  Lantai 3 UNHI. Tema yang diangkat untuk LKTI tingkat SMA/SMK tahun ini adalah “Generasi Muda Peduli Kota” dan tema untuk lomba esai  tingkat SMP adalah “Kota Impianku”.
Adapun tujuan dari LTKI-PWK dan esai yang telah disampaikan oleh Ketua Panitia Acara yaitu Intan Paramita antara lain memberikan wadah dan kesempatan siswa untuk mengembangkan apresiasi dan kreativitas siswa dalam pembuatan karya tulis dan esai ilmiah, mengembangkan kepekaan di kalangan siswa/siswi terhadap kondisi perkotaan masa kini, membangun budaya berfikir kritis di kalangan generasi muda dan melaksanakan program kerja HMPWK “Pranatacara Bumandhala”.
Diangkatnya tema ini diharapkan generasi muda mampu mempertajam analisa dan kepekaan terhadap berbagai masalah perkotaan dan mewujudkan sustainable city atau kota berkelanjutan yang dituangkan dalam sebuah karya tulis.
Acara ini menghadirkan para peserta SMP, SMA/SMK yang telah lulus dalam seleksi di antaranya SMAN 1 Blahbatuh, SMAN 2 Semarapura, SMAN3 Denpasar dengan dua tim yang lulus seleksi, dan SMAN 1 Gianyar dengan dua tim yang lulus seleksi. Juri dari LKTI berasal dari dosen prodi PWK UNHI yaitu Ir. I Gusti Putu Anindya Putra, MSP , Ir. Nyoman Sukamara, CES dan Ir. Made Gede Sudharsana. Dipl. Um. Dan untuk peserta esai terdiri dari SMPN 2 Denpasar, SMPN 3 Denpasar, SMPN 4 Denpasar, SMPN 12  Denpasar, SMP (SLUB) Saraswati 1 Denpasar, SMPN 2 Kediri, SMP Wisata Sanur dengan dua tim yang lulus seleksi dan SMPN 1 Gianyar dengan dua tim yang lulus seleksi. Seleksi ini dilakukan sehari sebelum diselenggarakan acara yaitu pada tanggal 15 November 2013.
Selain peserta, acara ini dihadiri oleh Dr. Ida Bagus Dharmika, MA selaku Rektor UNHI beserta Drs. Ida Bagus Made Mertha, M.Si sebagai Wakil Rektor III UNHI, Prof. Dr. I Putu Gelgel, SH.,M Hum sebagai Direktur Pasca Sarjana, para Dekan dan kaprodi seluruh fakultas di Lingkungan UNHI. Tidak ketinggalan juga Ni Putu Era Sukmayanti selaku Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan seluruh Ketua Senat fakultas yang terdapat di UNHI.
Peresmian acara sebagai tanda dimulainya lomba ditandai oleh pemukulan gong yang dilakukan oleh Rektor UNHI dengan didampingi oleh dekan fakultas dan ketua panitia acara LKTI-MPWK3.  LKTI dan Esai dilakukan di dua ruangan terpisah, hingga pukul 16.00 wita dan didapatkan juara-juara yang telah memenangkan perlombaan. Untuk LKTI juara 1 diraih oleh SMAN 5 Denpasar , juara 2 diraih oleh SMAN 2 Denpasar, dan juara 3 diraih oleh SMAN 1 Blahbatuh. Untuk juara esai didapatkan oleh SMPN 12 Denpasar. (nj)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting