Selasa, 26 November 2013

Tender Seminar Nasional IKAMAHI SUKSES

Tender Seminar Nasional Ikatan Alumni Mahasiswa Universitas Hindu Indonesia (IKAMAHI) yang awalnya sempat mengalami pro dan kontra dalam pelaksanaannya akhirnya terwujud juga.  Seminar Nasional ini dilaksanakan oleh IKAMAHI dengan bekerjasama dengan senat mahasiswa fakultas ekonomi (SMFE) pada hari Sabtu kemarin (23/11/13) bertempat di Aula Rektorat lantai III Universitas Hindu Indonesia (UNHI).
            SMFE menerima tender Seminar Nasional dari IKAMAHI ini dengan alasan ingin menunjukkan kalau Fakultas Ekonomi tidak hanya membahas mengenai ekonomi saja namun juga masalah lainnya seperti politik. I Made Kurniawan selaku ketua SMFE menyatakan bahwa mereka senang bekerjasama dengan IKAMAHI karena ketua IKAMAHI mempunyai banyak relasi dengan orang penting sehingga gampang dalam mencari pembicara yang berbobot untuk Seminar.  “Misi kami selama ini yaitu untuk bekerjasama dengan organisasi dan juga alumni di Universitas Hindu Indonesia (UNHI). Melalui Seminar Nasional yang diadakan bersama IKAMAHI ini, misi tersebut mulai dapat terwujud,” papar mahasiswa semester 5 ini.
            Seminar Nasional yang bertemakan “Pendidikan Politik dan Relevansinya dengan Manajemen Kepemimpinan Hindu”  ini awalnya mengalami kontroversi karena dikira akan menjadi ajang kampanye politik. Namun ternyata Seminar Nasional ini memang benar-benar untuk pendidikan mengenai politik. “Seminar ini bersifat netral bukan untuk kepentingan politik. Terbukti dari isi materi Seminar ini yang tidak mengungkit mengenai partai politik melainkan lebih kepada kepemimpinan dan pendidikan politik sesuai dengan tema yang diangkat,” jelasnya.
            SMFE menjadi satu-satunya organisasi kemahasiswaan (ORKEMAS) yang akhirnya mengajukan proposal untuk mengambil tender Seminar Nasional ini. Awalnya niat ini datang ketika SMFE memang membuat program kerja (PROKER) Seminar Nasional untuk bulan November. Niat ini berbanding lurus dengan tawaran dari IKAMAHI kepada ORKEMAS di kampus untuk bekerjasama menyelenggarakan seminar nasional.
            “Ini merupakan Seminar Nasional pertama yang kami kelola. Walaupun seminar ini berjalan berkat kerjasama dengan IKAMAHI, namun kami senang karena acara berakhir dengan sukses serta antusias dari peserta cukup besar untuk mengikuti Seminar Nasional ini. Terutama dari mahasiswa semester satu sangat bersemangat untuk menjadi peserta Seminar sampai-sampai kami harus banyak menolak pendaftaran lagi karena tempat yang terbatas. Ya, walaupun kami sadari Seminar ini diadakan secara mendadak sehingga sosialisasinya masih kurang, dan kami menyesali hal itu. Untuk ke depannya kami berharap dapat membuat acara Seminar Nasional ini dengan mandiri serta diadakan di aula Widya Sabha jika sudah jadi sehingga mampu menampung peserta lebih banyak,” harap mahasiswa prodi manajemen ini.
            Baik dari SMFE maupun IKAMAHI merasa puas dengan berjalan lancarnya acara Seminar Nasional ini. I K. Satria S.Ag selaku wakil ketua IKAMAHI menuturkan bahwa tujuan awal mereka untuk menggandeng ORKEMAS dalam menyelenggarakan Seminar Nasional ini akhirnya terwujud juga. “Secara tidak langsung, Seminar Nasional ini kami adakan agar mahasiswa tahu kalau di UNHI juga ada yang namanya ikatan mahasiswa dan setelah mereka lulus dari UNHI, mereka dapat bergabung dengan IKAMAHI. Selain itu, untuk PROKER pertama kami ini, kami berharap dapat menjalin kerjasama dengan ORKEMAS di kampus,” paparnya. (yun/iap/tpg/rin)


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting