Selasa, 26 November 2013

Pendidikan Politik Masuk UNHI


menyanyikan lagu Indonesia Raya
Tembawu - Dalam rangka mengajarkan pendidikan politik kepada mahasiswa, Ikatan Alumni Universitas Hindu Indonesia (IKAMAHI) bekerjasama dengan Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi (SMFE) Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar melaksanakan Seminar Nasional yang bertempat di Aula Gedung Rektorat, pada hari Sabtu kemarin (23/11/2013). Seminar dengan tema “Pendidikan Politik dan Relevansinya dengan Manajemen Kepemimpinan Hindu” ini menghadirkan 2  pembicara yaitu Drs.Ida Bagus Gede Subawa, M.Si selaku Direktur Pendidikan Agama Hindu dan Gede Pasek Suardika, SH.MH selaku anggota DPR RI Komisi 3.
 Seminar ini tidak hanya dihadiri mahasiswa yang berasal dari UNHI, namun turut serta juga mahasiswa dari perguruan tinggi lain di Bali yang diundang pada Seminar Nasional ini. Menurut I Made Kurniawan selaku Ketua SMFE, Fakultas Ekonomi tidak hanya membahas mengenai ekonomi saja namun juga masalah lainnya seperti politik. Pelaksanaan Seminar Nasional ini memang sudah menjadi program kerja kami di bulan November dan akhirnya terwujud juga setelah bekerjasama dengan IKAMAHI. Harapan kami kedepannya mampu mengadakan seminar sendiri,” ungkapnya. UNHI sebagai Universitas besar harus didukung oleh stick holder, salah satunya yaitu IKAMAHI. Kita sudah berkaca dari pengalaman seminar ini dan ke depannya kita akan mencari inovasi apa yang akan kita sumbangkan untuk Universitas,” ungkap I K. Satria S.Ag selaku wakil ketua IKAMAHI.

Pendidikan politik sangat berperan penting bagi mahasiswa untuk mengubah sikap dan perilaku individu dan masyarakat sehingga bisa memahami dan menghayati nilai-nilai sistem politik yang ideal yang hendak dibangun di tempat mereka berada. Kedepannya agar mahasiswa UNHI lebih sadar dan lebih pintar memilih pemimpin yang tepat dan berlandaskan ajaran Agama Hindu.  Selama ini banyak mahasiswa menilai bahwa politik itu kotor dan hanya menjadi tempat perebutan kekuasaan. Namun dalam kaitannya dengan kepemimpinan Hindu dan ajaran agama Hindu, politik dapat menjalankan dan menegakkan ajaran Dharma. (nd/ps/jm)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting