Senin, 08 April 2013

Mahasiswa UNHI Mengikuti Workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)



Istilah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) mungkin masih asing bagi mahasiswa UNHI. Untuk mengenal lebih jauh mengenai PKM, bagaimana prosedur pembuatan dan persyaratan PKM, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) pada hari senin 8 april 2013 kemarin melaksanakan Workshop Hibah Pengabdian Masyarakat dan Informasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Puluhan mahasiswa Universitas Hindu Indonesia (UNHI) dari berbagai fakultas mengikuti kegiatan workshop  yang bertempat di Aula Lantai III Rektorat UNHI. Hadir sebagai pembicara pada workshop tersebut Prof. DR. Sundani Nurono Suwandi dari Dirjen DIKTI Pusat.

Pada pemaparannya dijelaskan panjang lebar mengenai PKM. “PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional”.

Beliau menambahkan bahwa PKM memiliki tujuh jenis kegiatan yakni PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Selain PKM-AI, semua PKM akan dilombakan di dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Naional (PIMNAS). Selain itu juga dijelaskan perkembangan jumlah proposal yang diajukan oleh mahasiswa berbagai Universitas di Bali dari tahun ke tahun, proses seleksi yang dilakukan oleh DIKTI serta kendala-kendala yang sering dihadapi mahasiswa dalam pengajuan proposal.  

“Untuk kedepannya, PKM perlu optimalisasi dari berbagai kalangan, baik dari dosen dan yang terpenting adalah bisa memotivasi mahasiswa dalam berkreatvitas. Dalam waktu dekat ini semoga bisa menghasilkan proposal-proposal, mudahan lebih banyak lagi proposal dari yang kemarin. Oleh karenanya, ikutilah pembekalan melalui workshop ini dengan sebaik-baiknya” kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Drs. Ida Bagus Made Merta, M.Pd yang sekaligus menjadi moderator pada acara ini. 

Sementara itu Mia Kusuma Dewi, mahasiswa Fakultas Ilmu Agama dan Kebudayaan mengatakan“Jujur saya baru pertama kali mendengar istilah PKM ini, dengan diadakannya kegiatan ini pastinya akan sangat bermanfaat untuk merangsang kreativitas mahasiswa, sosialisasi mengenai kegiatan PKM ini harus lebih banyak lagi dilaksanakan agar kedepannya banyak mahasiswa yang tahu dan bisa mengikuti PKM ini”.


Workshop ini berjalan dengan sangat interaktif, karena peserta yang hadir turut berinteraksi baik dengan antar peserta dengan pembicara. Dengan adanya kegiatan ini, semua pihak berharap akan memotivasi para mahasiswa untuk mengisi waktu senggangnya untuk melakukan kegiatan positif dengan membuat PKM yang lebih kreatif dan inovatif. (Gun)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting